Sabtu, 07 Juni 2014

Teks Deskripsi mengenai Gajah

GAJAH SUMATERA









1.      Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan spesies dari kelas mamalia, yaitu binatang yang menyusui, mermpunyai ukuran yang besar, berat tubuhnya dapat mencapai 4-6 Ton.

2.      Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifikasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinga nya besar dan melebar. Gajah jantan memiliki sepasang gading yang memanjang ke depan, sedangkan gajah betina pada umumnya tidak memiliki gading, jika memiliki kemungkinan ukurannya sangat pendek. Kulitnya tidak banyak ditumbuhi oleh rambut-rambut, hanya dibagian tertentu seperti di bagian atas kepala, kuduk dan ujung ekor. Warna kulitnya abu-abu sampai hitam.  

3.      Gajah hidup berkelompok yang dipimpin oleh gajah betina paling tua, jumlah kelompok 10-30 ekor.  Mereka hidup berpindah, migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya untuk melakukan kegiatan mencari sumber pakan dan kawin. Gajah merupakan jenis mamalia besar yang mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia sehingga dapat kita jumpai gajah sebagai pekerja di penebangan perkebunan.

4.       Gajah betina akan kawin pada umur 9 tahun atau lebih, lama kehamilannya (gestasi) 18-22 bulan dan akan melahirkan anak yang mempunayi berat 100 kg atau lebih. Jarak antara kelahiran anak gajah pada induk yang sama yakni sekitar 4 tahun.


5.      Di habitat aslinya gajah memakan berbagai jenis bagian dari pohon seperti kulit, ranting, daun, bunga dan buah, juga tanaman perdu dan rumput. Karena daya ingatnya yang tinggi, gajah mampu mengenali tumbuhan pakannya yang secara alami juga digunakan sebagai obat.

6.       Gajah  hidup pada lingkungan yang bervariasi dari di tropika dataran rendah, pegunungan, padang rumput. Tersebar di Pulau Sumatera (Indonesia).

PENDAPAT MENGENAI TEKS LAPORAN :

Menurut saya teks laporan ini merupakan teks laporan yang baik, karena teks laporan tersebut mempunyai struktur /susunan , yang dimulai  dari pernyataan umum, dan dilanjutkan oleh anggota/aspek yang dilaporkan. Serta bahasa yang digunakan sesuai ragam bahasa/ dengan teks laporan pada umumnya.

RINGKASAN :
            Gajah adalah  hewan mamalia yang mempunyai ukuran yang besar.Gajah memiliki ciri-ciri seperti, belalai yang panjang,telinga yang besar dan melebar,mempunyai gading, warna kulitnya  abu-abu sampai hitam.Gajah hidup dengan bekelompok, jumlah kelompok 10-30 ekor.Gajah betina akan kawin pada umur 9 tahun dengan masa kehamilan 18-22 bulan.Makanannya berupa ,berbagai jenis bagian dari pohon ( kulit,ranting , daun, dan lain-lain.Gajah hidup pada lingkungan yang bervariasi.

4 komentar: